Skip Navigation?

Pelajar SMA dan SMK Dirikan Bisnis Ramah Lingkungan di Sekolah

Tanggal Terbit 05.28.2019
Topic Siaran Pers

Pelajar SMA dan SMK Dirikan Bisnis Ramah Lingkungan di Sekolah

Jakarta, 28 Mei 2019 Pelajar dari tiga SMA dan SMK di Jakarta memperkenalkan bisnis mikro ramah lingkungan dalam kegiatan Peluncuran Student Company yang diselenggarakan oleh PT AIG Insurance Indonesia (AIG Indonesia) dan Prestasi Junior Indonesia (PJI) di Aula SMKN 38 Jakarta, Selasa (28/5). Kegiatan ini merupakan bagian dari program JA Student Company yang digagas untuk mendorong potensi bisnis dan mempersiapkan generasi muda Indonesia meraih kesuksesan masa depan melalui kewirausahaan. Ketiga sekolah tersebut, antara lain SMAN 35 Jakarta, SMKN 27 Jakarta, dan SMKN 38 Jakarta.

 

Director of AIG Indonesia, Gevi Achdiat mengungkapkan, “Tahun ini merupakan tahun ke-2, AIG Indonesia bermitra dengan PJI dalam program JA Student Company. Kami sangat bangga melihat perkembangan kemampuan kewirausahaan, inovasi dan ide bisnis para siswa-siswi tingkat SMA dan SMK ini. Satu hal yang sangat menonjol adalah kepedulian mereka terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar, hal ini merupakan bekal yang utama dalam menghadapi masa depan serta membangun bisnis yang berkelanjutan”

 

“Program Student Company ini juga dapat dengan sangat baik terlaksana atas dukungan dari karyawan kami, dimana mereka telah mencurahkan waktunya melakukan aktifitas relawan selama lebih dari 150 jam kerja selama bulan April lalu, untuk membantu para siswa memahami lebih jauh mengenai membangun bisnis serta berorganisasi,” tambah Gevi Achdiat.

 

Melalui program edukasi kewirausahaan ini, para pelajar dibina menjadi wirausaha sungguhan dengan mendirikan dan mengoperasikan sebuah perusahaan mikro (student company) di sekolah. Hal ini termasuk menciptakan ide produk, merencanakan strategi bisnis, peluncuran perusahaan, melakukan penjualan produk, hingga penawaran saham ke publik dengan metode sederhana. Selama delapan bulan periode program, para pelajar juga akan memperoleh bimbingan bisnis secara intensif dari mentor PJI dan profesional bisnis AIG Indonesia.

 

Co-Founder and Academic Advisor Prestasi Junior Indonesia, Robert Gardiner menyampaikan, “PJI sangat senang dapat melanjutkan kolaborasi dengan AIG Indonesia pada tahun kedua kemitraan ini. Kami kembali mempromosikan inisiatif kewirausahaan guna mengedukasi generasi muda Indonesia mengenai kewirausahaan yang dapat menjadi pilihan pekerjaan dan sumber pendapatan berkelanjutan di masa depan. Profesional bisnis dari AIG Indonesia memberikan rekomendasi positif terhadap strategi bisnis yang dibentuk oleh 72 pelajar tersebut. Lebih dari itu, keterlibatan aktif relawan juga menginspirasi mereka untuk berani dan percaya diri serta bermental kompetitif.”

 

Berangkat dari kepedulian untuk memiliki lingkungan yang lebih sehat sekaligus jeli melihat peluang dan tren yang berkembang di masyarakat, ketiga sekolah membentuk perusahaan siswa yang menjual produk ramah lingkungan, yaitu:

1.    SMAN 35 Jakarta mendirikan SPACE Student Company dengan produk ‘Plastage’, bio-plastik kemasan makanan yang terbuat dari rumput laut. Produk ini menjadi solusi kemasan makanan yang sehat bagi tubuh manusia dan mudah terurai di lingkungan.

2.    SMKN 27 Jakarta mendirikan ALTA Student Company dengan produk ‘Eco Leather Fashion Products’, tas, alas kaki dan aksesori yang memanfaatkan daur ulang kulit singkong. Inovasi ini digagas sebagai upaya untuk mengurangi penggunaan kulit sintetis dalam produk-produk mode.

3.    SMKN 38 Jakarta mendirikan SMINKA Student Company dengan produk ‘Libbro’, lip tint yang terbuat dari buah bit. Kosmetik yang berfungsi sebagai pelembab dan vitamin untuk bibir ini bebas bahan kimia dan berwarna natural sehingga aman dan cocok digunakan oleh pelajar.

 

Salah satu pelajar SMKN 38 Jakarta, Shakila Saka mengekspresikan rasa antusiasnya karena bisa tergabung dalam program Student Company. “Saya mendapatkan banyak wawasan baru seputar bisnis yang sangat bermanfaat bagi saya dan teman-teman untuk mengembangkan perusahaan kami. Dengan gagasan produk ini, kami ingin membuat calon konsumen lebih sadar dan peduli terhadap pentingnya menjaga lingkungan sekitar. Ini menjadi kesempatan berharga dan motivasi bagi kami untuk meraih masa depan yang lebih baik,” ujarnya usai mempresentasikan rencana bisnis pada kegiatan Student Company Launching.

Silahkan Sebarkan!